Pengenalan Microsoft Word 2010, Menu dan Fungsi Menu Microsofr word 2010
Pengenalan Microsoft Word 2010, Menu dan Fungsi Menu
Microsofr word 2010
1.
Pengertian
dan Bagian Tabs Menu Word 2010
tabs Menu adalah bagian dari
quick access yang terdapat pada microsoft office word 2010 dimana menu ini
difungsikan untuk akses cepat menuju suatu akses fungsi yang dapat kalian
gunakan ketika kalian sedang membuat dokumen teks atau gambar.
tab menu office word 2010 adalah
sebagai berikut :
1) Tab
File
2) Tab
Home
3) Tab
Insert
4) Tab
Page Layout
5) Tab
References
6) Tab
Maillings
7) Tab
Review
8) Tab
View
2.
Pengertian
dan Pembagian Ribbon di Word 2010
Ribbon adalah suatu kumpulan
tool menu yang terdapat pada bagian tab menu, dimana kumpulan-kumpulan tool ini
juga dibagi menjadi beberapa bagian yang disebut dengan group.
Yang termasuk kedalam kategori
ribbon adalah sebagai berikut:
1) Tabs
Menu - Bagian ini bisa terlihat di bagian atas Ribbon dan berisi beberapa
kelompok perintah terkait yang digolongkan berdasarkan tabs tertentu seperti
Home, Insert, Page Layout adalah contoh tab ribbon.
2) Groups
- Bagian ini merupakan kumpulan alat untuk mengatur perintah tertentu,
setiap nama grup muncul didalam tabs menu pada Ribbon, seperti groups
clipboard, group font dan group paragraph.
3) Commands
- Bagian ini merupakan fungsi perintah yang muncul dalam setiap kelompok
seperti yang disebutkan di atas
3.
Pengertian
Title Bar Office Word 2010
Title Bar merupakan identitas
atau nama dari suatu dokumen yang sedang kalian kerjakan. Secara default title
bar ini akan muncul dengan keterangan Documen1 - Microsoft Word, namun
ketika kalian sudah menyimpan dokumen tersebut dengan sebuah nama, maka nama
tersebut akan berubah menjadi nama_dokumen_kalian - Microsoft Word .
4.
Pengertian
dan Fungsi Rulers Di Microsoft Word 2010
Ruler atau penggaris merupakan tool
yang bisa kalian gunakan untuk mengatur lebar dan tinggi halaman dokumen secara
manual tanpa harus mengatur ukuran di page layout.
Dalam hal ini ruler dibagi
menjadi dua bagian yakni Ruler Horizontal dan ruler vertikal.
1) Ruler
horizontal muncul tepat di bawah bagian Ribbon dan sering digunakan untuk
mengatur margin dan tab stop.
2) Ruler
vertikal muncul di tepi kiri jendela Word dan sering digunakan untuk
mengukur posisi vertikal elemen pada halaman.
5.
Pengertian
Status Bar Di Office Word 2010
Status bar merupakan sebuah
tampilan bar kecil yang memberikan informasi banyaknya jumlah suku kata didalam
sebuah dokumen, meberikan informasi banyaknya halaman atau jumlah dokumen dalam
satu lembar kerja dan menampilkan informasi bahasa yang kalian gunakan.
6.
Pembagian
dan Fungsi Menu pada Tab File
1) Save
- Menyimpan dokumen ke tempat penyimpanan komputer
2) Save
As - Menyimpan dokumen dengan beberapa pilihan format lain seperti PDF,
Doc, Dot, Html, xml dan format lainnya
3) Open
- Untuk membuka file dokumen yang bisa terbaca di office word 2010
4) Close
- Untuk menutup dokumen yang sedang dikerjakan
5) Info
- Untuk menampilkan informasi lain seperti jika kalian akan memberikan password
atau kunci keamanan di dokumen yang kalian buat
6) Recent
- Untuk melihat informasi dokumen yang telah kalian kerjakan sebelumnya
7) New
- Untuk membuat dokumen baru yang support dengan office word 2010,
diantara dokumen docx, doc, membuat design template dll.
8) Print
- Menampilkan informasi dokumen yang akan diprint, serta kalian juga dapat
mengatur setelan print out yang diinginkan
9) Save
& Send - Untuk menyimpan dan mengirim langsung dokumen yang kalian
buat, salah satunya adalah langsung mengirimnya ke alamat email atau blog
khusus
10) Help
- Untuk menampilkan bantuan-bantuan yang tedapat di office word 2010
11) Options
- Untuk melakukan pengaturan di aplikasi office word 2010, seperti
display, theme, font default dll.
12) Exit
- Untuk keluar dari aplikasi word 2010
7.
Pembagian
dan Fungsi Menu pada Tab Home
1) Paste
- Untuk menempelkan tulisan atau gambar yang telah kalian salin di sumber
lain
2) Cut
- Untuk memotong tulisan atau gambar yang kalian seleksi di dalam dokumen
3) Copy
- Untuk menyalin tulisan atau gambar didalam dokumen word
4) Font
Style - Untuk memilih atau merubah jenis tulisan yang kalian inginkan
5) Bold
(B) - Untuk membuat tulisan menjadi tebal
6) Italic
(I) - Untuk membuat tulisan menjadi miring
7) Underline
(U) - Untuk membuat tulisan bergaris bawah
8) abc - Untuk
membuat tulisan coret
9) Superscript
dan Subscripot X2 - Untuk membuat pangkat pada tulisan seperti
kuadrat, meter persegi, Kubik Dll.
10) Font
Size - Untuk merubah ukuran tulisan
11) A
Style - Untuk membuat style atau gaya pada tulisan
12) Highlight
Text (ab) - Untuk memblok warna kata atau kalimat didalam dokumen
13) Font
Color (A) - Untuk merubah warna huruf atau tulisan di dalam dokumen
14) Align
Lef t- Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata kiri
15) Align
Center - Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata tengah
16) Align
Right - Untuk merubah tulisan dokumen menjadi rata kanan
17) Align
Justify - Untuk merubah tulisan dokumen menjadi seimbang kanan dan kiri
18) Shading
Color - Untuk merubah warna blok pada tulisan dokumen (background color).
19) Icon
Tabel - Untuk membuat tabel secara manual
20) Bullets
- Untuk membuat icon kecil disamping tulisan
21) Numbering
- Untuk membuat nomor disamping tulisan
22) Multilevel
List - Untuk membuat kombinasi list antara bullets dan numbering
23) Increase
dan Decrease - Untuk menambahkan dan mengurangi lebar paragraf
24) Sort
- Untuk menyortir isi dokumen sesuai dengan abjad atau juga berdasarkan
angka
Komentar
Posting Komentar