Pengenalan Microsoft Excel 2010, Mengenal menu Dan Fungsi Menu Microsoft excel
Pengenalan Microsoft Excel 2010,
Mengenal menu Dan Fungsi Menu Microsoft excel
1.
Pengertian
Microsoft excel
Microsoft excel adalah Program
aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka
(Aritmatika). Microsoft Excel sangat berguna untuk masalah-masalah keuangan
bahkan utang piutang pun juga bisa dicatat dalam program ini.Program Microsoft
Excel seperti program jenis spreadsheet pada umumnya, digunakan untuk segala
sesuatu yang berhubungan dengan tabel, angka-angka dan grafik.
Kelebihan Ms Excel:
Microsoft Excel mempunyai beberapa
kelebihan, seperti:
1) Mempunyai
kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom
dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan
16 ribu jawaban/pertanyaan.
2) Microsoft
excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar
software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain
yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari
excel ke software statistik lainnya.
3) Microsoft
Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga
mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih
canggih.
4) Dengan
Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang
kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap
ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan
terupdate sendiri.
Kekurangan Ms Excel:
Selain kelebihan diatas, ternyata
Microsoft Excel mempunyai beberpa kekeurangan,
1) Software
pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis.
2) Aplikasi
ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).
3) Untuk
membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban
pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik
rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal
ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau
pengkategorian jawaban baru.
Berikut adalah
Komponen yang ada didalam Microsoft Excel 2010:
1.
Tab
Ribbon
berisi groups-groups yang
didalamnya terdapat beberapa tools (tombol perintah). Tab yang terdapat
dalam Excel antara lain:
1) Tab
File, berisi beberapa perintah standar dalam pengoperasian worksheet
Excel, seperti: membuka/menutup file, menyimpan data dan sebagainya
2) Tab
Home, berisi tombol-tombol perintah yang bisa digunakan untuk memformat
data.
3) Tab
Insert, berisi tombol-tombol perintah untuk menyisipkan objek seperti:
Picture (gambar), Clipart, diagram/chart, Pivot Table dan sebagainya.
4) Tab
Page Layout, berisi tombol-tombol perintah untuk pengaturan halaman.
5) Tab
Formulas, berisi tombol-tombol perintah untuk menyisipkan
fungsi-fungsi formula yang terdapat dalam Excel.
6) Tab
Data, berisi tombol-tombol perintah untuk pengolahan data, seperti Sort,
Filter dan Import data dari program atau aplikasi lain.
7) Tab
Review, berisi tombol-tombol perintah yang berisi pengaturan worksheet
Excel yang meliputi spelling, Translate, New Comment (penambahan komentar,
serta proteksi data dan workbook.
8) Tab
View, berisi tombol-tombol perintah untuk pengaturan worksheet Excel (Workbook
Views), Zoom, Gridlines dan tampilan beberapa jendela.
2.
Groups
adalah bagian yang berisi sekumpulan
tombol perintah yang terletak dibawah tab
3.
Quick
Access Toolbar
merupakan
toolbar standar yang berisi tombol perintah yang sering digunakan, seperti
tombol Save, tombol Undo dan tombol Redo
4.
Tombol
Dialog
yang terletak
disebelah kanan groups dan berfungsi untuk membuka kotak dialog
5.
Tombol
Minimize Maximaze, Close,
untuk
memperkecil, memperbesar, atau menutup tampilan worksheet dokumen Excel
6. Tab Sheet
merupakan kartu yang
menampung nama-nama dari sheet dalam Excel, Worksheet merupakan lembar kerja
yang digunakan untuk menampung dan mengolah data
7. Navigasi Sheet
merupakan
tombol-tombol perintah yang berfungsi untuk berpindah antar sheet yang sedang
aktif.
8. Zoom Level
merupakan bagian
yang berisi tombol-tombol perintah yang mengatur besar kecilnya tampilan lembar
kerja.
Worksheet merupakan
lembar kerja yang berupa kolom dan baris.Satu sheet terdiri dari 16.384
kolom dan 1.048.576. Jumlah ini tidak terlalu
berbeda dengan Excel versi sebelumnya Nama kolom berupa abjad dari mulai kolom
A sampai dengan kolom XFD, dan nama baris berupa angka satu sampai dengan
1.048.576.
1.
Sel
merupakan
perpotongan antara kolom dan baris yang mempunyai nama. Nama sel atau alamat
sel diambil dari perpaduan antara nama kolom dan baris itu sender, misalnya:
sel D5, F12 dan sebagainya.
2.
Range Sel
merupakan
kumpulan dari kolom, baris dan sel yang tertampung dalam worksheet
3.
Select Sel
digunakan untuk
memilih semua sel dalam satu worksheet
4. Name Box
adalah suatu kotak yang dipakai untuk menampung nama-nama range yang dibuat
dalam Excel
5.
Tab Split
merupakan tuas pemisah yang
terletak diantara tab sheet dengan batang penggulung horizontal. Geser tuas
split untuk mengatur ukuran lebar bagian tab sheet dengan bagian batang
penggulung horizontal
6.
Formula Bar
merupakan
kotak isian yang nantinya dapat berisi rumus dari data yang sedang
diolah
Komentar
Posting Komentar