Pengenalan Microsoft Excel 2010, Mengenal menu Dan Fungsi Menu Microsoft excel






Pengenalan Microsoft Excel 2010,
Mengenal menu Dan Fungsi Menu Microsoft excel

1.      Pengertian Microsoft excel
Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Microsoft Excel sangat berguna untuk masalah-masalah keuangan bahkan utang piutang pun juga bisa dicatat dalam program ini.Program Microsoft Excel seperti program jenis spreadsheet pada umumnya, digunakan untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan tabel, angka-angka dan grafik.

Kelebihan Ms Excel: 
Microsoft Excel mempunyai beberapa kelebihan, seperti:
1)      Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan. 
2)      Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya. 
3)      Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih. 
4)      Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.
Kekurangan Ms Excel:
Selain kelebihan diatas, ternyata Microsoft Excel mempunyai beberpa kekeurangan,
1)      Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis.
2)      Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).
3)      Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.

Berikut adalah Komponen yang ada didalam Microsoft Excel 2010:
1.      Tab Ribbon 
berisi groups-groups yang didalamnya terdapat beberapa tools (tombol perintah). Tab yang terdapat dalam Excel antara lain:

1)      Tab File, berisi beberapa perintah standar dalam pengoperasian worksheet Excel, seperti: membuka/menutup file, menyimpan data dan sebagainya
2)      Tab Home, berisi tombol-tombol perintah yang bisa digunakan untuk memformat data.
3)      Tab Insert, berisi tombol-tombol perintah untuk menyisipkan objek seperti: Picture (gambar), Clipart, diagram/chart, Pivot Table dan sebagainya. 
4)      Tab Page Layout, berisi tombol-tombol perintah untuk pengaturan halaman.
5)      Tab Formulas,  berisi tombol-tombol perintah untuk menyisipkan fungsi-fungsi formula yang terdapat dalam  Excel.
6)      Tab Data, berisi tombol-tombol perintah untuk pengolahan data, seperti Sort, Filter dan Import data dari program atau aplikasi lain. 
7)      Tab Review, berisi tombol-tombol perintah yang berisi pengaturan worksheet Excel yang meliputi spelling, Translate, New Comment (penambahan komentar, serta proteksi data dan workbook.
8)      Tab View, berisi tombol-tombol perintah untuk pengaturan worksheet Excel (Workbook Views), Zoom, Gridlines dan tampilan beberapa jendela.
2.      Groups
             adalah bagian yang berisi sekumpulan tombol perintah yang terletak dibawah tab
3.      Quick Access Toolbar
merupakan toolbar standar yang berisi tombol perintah yang sering digunakan, seperti tombol Save, tombol Undo dan  tombol Redo
4.      Tombol Dialog
yang terletak disebelah kanan groups dan berfungsi untuk membuka kotak dialog
5.      Tombol Minimize Maximaze, Close,
untuk memperkecil, memperbesar, atau menutup tampilan  worksheet dokumen Excel
6.      Tab Sheet 
merupakan kartu  yang menampung nama-nama dari sheet dalam Excel, Worksheet merupakan lembar kerja yang digunakan untuk menampung dan mengolah data
7.      Navigasi Sheet 
merupakan tombol-tombol perintah yang berfungsi untuk berpindah antar sheet yang sedang aktif.
8.      Zoom Level 
merupakan bagian yang berisi tombol-tombol perintah yang mengatur besar kecilnya tampilan lembar kerja.

Worksheet merupakan lembar kerja yang berupa kolom dan baris.Satu sheet terdiri dari 16.384 kolom dan 1.048.576. Jumlah ini tidak terlalu berbeda dengan Excel versi sebelumnya Nama kolom berupa abjad dari mulai kolom A sampai dengan kolom XFD, dan nama baris berupa angka satu sampai dengan 1.048.576. 
1.      Sel
 merupakan perpotongan antara kolom dan baris yang mempunyai nama. Nama sel atau alamat sel diambil dari perpaduan antara nama kolom dan baris itu sender, misalnya: sel D5, F12 dan sebagainya.
2.      Range Sel
merupakan kumpulan dari kolom, baris dan sel yang tertampung dalam worksheet
3.      Select Sel 
digunakan untuk memilih semua sel dalam satu worksheet
4.     Name Box 
adalah suatu kotak yang dipakai untuk menampung nama-nama range yang dibuat dalam Excel

5.      Tab Split
merupakan tuas pemisah yang terletak diantara tab sheet dengan batang penggulung horizontal. Geser tuas split untuk mengatur ukuran lebar bagian tab sheet dengan bagian batang penggulung horizontal

6.      Formula Bar 
merupakan  kotak isian yang nantinya dapat berisi rumus dari data yang sedang diolah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Drop Cap,Columns,Header dan Footer,Clip Art dan watermark,Page Border,Smart Art,Footnote dan Comment

Fungsi Perhitungan Kredit flat Dan Floating (Fungsi Pmt Atau Payment)